Masjid mungil di tempat wisata, Masjid Al-Awwabin di Kawasan Wisata Bahari Lamongan


Masjid Al-Awwabin WBL Lamongan

Masjid Al-Awwabin di Kawasan Wisata Bahari  Lamongan

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُه

Wisata Bahari Lamongan atau yang lebih dikenal dengan WBL adalah salah satu destinasi wisata pantai yang terkenal di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. WBL adalah wisata di pantai utara pulau jawa yang menggabungkan keindahan bahari di tepi laut dan berbagai wahana permainan. Mulai dari wahana air yang umum seperti kolam renang, kano, sepeda air, ski boat dan waterboom sampai yang kekinian semisal long boat, banana boat, king donut boat, dan aqua shutle boat. Wahana permainan yang cocok buat anak muda untuk memacu adrenalin juga ada di WBL, Speed Flid, Jet Coaster, Crazy Car, dan Sky swinger. Tak lupa wahana untuk anak-anak diantaranya rumah kucing, istana boneka, tembak air, kolam renang anak, bumper boat, mini train, dan taman berburu.

WBL

Salah satu fasilitas penting yang perlu disediakan oleh pengelola tempat wisata umum yang ramai pengunjung adalah sarana ibadah bagi sebagian besar pengunjung yang mayoritas muslim. Tidak semua  tempat wisata umum  menyediakan fasilitas  masjid yang diperuntukkan bagi para pengunjung. Bila pun ada, hanya berupa musholla tidak begitu besar yang biasanya terletak di sudut ruangan. Harus antri dan bergiliran untuk berwudhu dan melaksanakan sholat.

WBL termasuk salah satu tempat wisata yang menyediakan masjid bagi pengunjung wisata. Masjid Al-Awwabin begitu namanya yang terletak di depan setelah melalui pintu masuk area parkir WBL. Masjid Al-Awwabin di Kawasan WBL berlokasi di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.  

Masjid Al-Awwabin WBL Lamongan

Masjid Al-Awwabin ini,   tidak hanya berfungsi memenuhi kebutuhan ibadah bagi pengunjung wisata, tetapi diperuntukkan juga bagi masyarakat umum dan terutama digunakan bagi para karyawan WBL sendiri. Tidak hanya  untuk melaksanakan sholat rowatib, tetapi digunakan juga untuk sholat jumat. Seperti ketika kami sedang ada acara pada hari Jumat, tanggal 13 Maret 2020 di sebuat tempat yang dekat dengan kawasan WBL. Ketika selesai acara menjelang waktu masuk sholat Jumat, kami melaksanakan sholat jumat di masjid yang terdekat supaya tidak ketinggalan yaitu Masjid Al-Awwabin.

Pada hari Jumat itu, kawasan WBL sangat sepi terlihat dari area parkir yang luas tampak kosong hanya ada segilintir kendaraan. Yang terlihat ramai tentu saja Masjid Al-Awwabin yang sedang menyelenggarakan persiapan sholat Jumat. Dari jamaah yang memenuhi masjid, tampak karyawan WBL yang berseragam batik warna dasar kecoklatan memenuhi shaf depan. Disamping karyawan, masjid ini dipenuhi masyarakat umum yang berada di lingkungan sekitar kawasan WBL dan para musafir yang sedang dalam perjalanan.

Masjidnya tidak terlalu besar, dibangun pada tahun 2003 di atas lahan seluas 600 m2 dan luas bangunan 500 m2 (www.dream.co.id).  Tampak dari luar, masjidnya berwarna putih krem mulai dari bangunan utama, kubahnya dan menaranya. Kubahnya berada di tengah bangunan utama yang berbentuk setengah bulatan dengan puncaknya ditandai dengan bulan sabit. Menara kembar cukup tinggi berada di sisi kanan kiri bagian depan masjid. 

Tempat wudhunya dan toiletnya berada di bagian bawah masjid, sehingga bila dilihat dari sisi utara masjidnya tampak bertingkat. Untuk menampung jamaah lebih banyak, pada bagian depan teras masjid ditambah awning atau kanopi yang juga bisa digunakan sebagai tempat istirahat jamaah. Sekeliling masjid ditumbuhi pohon palem yang tinggi yang menambah kesan adem.

Interior masjid hampir senada dengan eksterior yang berwarna krem. Tiang-tiang penyangga warna kuning menghiasi bagian dalam masjid. Lantainya berbalut karpet warna merah dengan garis shof coklat krem. Ruangannya ber-AC yang menambah kesejukan dan kenyamanan jamaah yang sholat di Masjid Al-Awwabin ini.

Masjid Al-Awwabin WBL Lamongan

Semoga semakin banyak tempat wisata umum yang menyediakan sarana ibadah yang memadai bagi para pengunjung seperti halnya Masjid Al-Awwabin di Kawasan Wisata Bahari Lamongan ini.

Belum ada Komentar untuk "Masjid mungil di tempat wisata, Masjid Al-Awwabin di Kawasan Wisata Bahari Lamongan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel