Masjid Al Bahar Arosbaya, Masjid nan cantik di Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura

Masjid Al Bahar Arosbaya

Masjid Al Bahar Arosbaya, Masjid indah berkubah putih di Arosbaya, Bangkalan, Pulau Madura

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُه

"Kita  traveling yuk," ajak saya kepada isteri dan anak-anak. "Kemana Yah?" tanya anak sulung saya. "Kata Ibu sih kepenginnya ke Madura," jawab saya. "Serius nih Yah," celetuk isteri saya seperti tak percaya. "Serius lah, katanya pengin ke Madura," kata saya meyakinkan mereka. "Ok Yah," jawab mereka serempak dan kelihatan senang sekali karena belum pernah jalan-jalan ke Madura dan membayangkan melewati Jembatan Suramadu. 

Ketika itu, hari Sabtu tanggal 12 Mei 2018 kami mantap untuk traveling wisata ke Pulau Madura. Kami berencana mengunjungi 2 bukit kapur yang lagi trending di Kabupaten Bangkalan, Bukit Kapur Jaddih dan Bukit Kapur Arosbaya. Bukit Kapur Jaddih berlokasi di Desa Jaddih, Kecamatan Parseh, Kabupaten Bangkalan. Sedangkan Bukit Kapur Arosbaya atau dikenal juga sebagai Bukit Pelalangan Arosbaya berlokasi di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Dua tempat wisata bekas penambangan batu kapur yang memiliki keelokan dan keindahan alami. Dua tempat wisata yang kala itu begitu instragramable dan ngehit banget. 

Bukit Kapur Arosbaya

Sabtu sore, kami berkunjung ke Bukit Kapur Jaddih sampai hampir menjelang waktu maghrib dan memutuskan bermalam di pusat Kota Bangkalan. Esok paginya, kami berkunjung ke Bukit Kapur Arosbaya. Dalam perjalanan ke Arosbaya, kami melihat sebuah masjid yang megah dengan menara dan kubah warna putih mencolok. Masjid nan indah dan sayang kalau dilewatkan begitu saja. Kami mampir dengan memasuki halaman masjid yang cukup luas dan beristirahat sebentar untuk melepas lelah. Kebetulan di tempat tersebut ada pedagang yang berjualan pisang godog (pisang rebus) yang bisa dibeli untuk mengisi perut yang kosong. Kami hanya sebentar dan tidak sempat memasuki masjid, hanya foto masjid dari tempat kami membeli pisang godog di halaman parkir masjid. Masjid Al Bahar Arosbaya namanya, yang berarti keindahan cocok dengan masjidnya yang indah.

Masjid Al Bahar Arosbaya  berlokasi persis di pinggir Jalan Raya, Desa Tengket, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura.  Sebuah masjid yang besar dan megah,  yang berada di tingkat kecamatan.  Masjidnya terdiri dari dua bangunan, yang pertama berupa bangunan satu lantai yang berada di bagian depan masjid yang berfungsi sebagai serambi tertutup. Atap serambi ini berupa cor yang bagian atasnya terbuka dan  hanya berpagar besi  di sekeliling ujungnya yang bisa dikatakan sebagai serambi terbuka. Yang kedua, bangunan tiga lantai yang merupakan bangunan utama masjid sebagai tempat sholat. Lantai bawah sebagai tempat wudhu dan toilet, lantai satu dan lantai dua sebagai tempat utama sholat. 

Masjid Al Bahar Arosbaya

Masjidnya memiliki 4 menara, 1 kubah besar dan 2 buah kubah kecil.  Dua menara berada di atas bangunan satu lantai di bagian depan, sedangkan dua menara lagi  berada di atas lantai 2 bangunan tiga lantai yang berada di bagian belakang. Keempat menara mempunyai warna putih bersih dengan corak, bentuk, dan ketinggian yang sama. Kubah utama berukuran besar berada di tengah diatas bangunan lantai 2 yang berbentuk bulatan berwarna putih bersih. Dua kubah berukuran kecil dengan bentuk dan warna yang sama  menghiasi keberadaan kubah utama.

Tampak dari luar masjidnya memiliki  desain  terbuka dengan puluhan pintu berjejer mengelilingi masjid. Pintunya membentuk lengkungan menyerupai kubah masjid yang menambah kecantikan masjid.  Dibalik jejeran pintu terbuka di lantai 1 dan lantai 2 yang digunakan sebagai tempat utama sholat,  bangunannya tertutup dikelilingi dinding tembok, pintu kayu dan jendela kaca.  Secara keseluruhan, masjidnya berwarna putih bersih dengan sedikit warna biru dan hijau pada bagian list masjid dengan tulisan kaligrafi arab warna kuning emas. Maasjid Al Bahar Arosbaya ini bisa dikatakan sebagai masjid 100 pintu, dengan desain puluhan pintu terbuka berjejer di sekeliling masjid.

Bagi para sabahat muslim yang kebetulan sedang melakukan perjalanan ke Arosbaya atau berwisata ke Bukti Arosbaya jangan lupa mampir ke Masjid Al Bahar Arosbaya yang megah nan cantik ini.


Belum ada Komentar untuk "Masjid Al Bahar Arosbaya, Masjid nan cantik di Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel