Menara 99 Meter, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Kubah MAS
Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya


اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ


Masjid Nasional  adalah masjid di ibu kota provinsi yang telah ditetapkan oleh Menteri Agama sebagai Masjid Nasional dan menjadi pusat kegiatan keagamaan tingkat pemerintahan provinsi.  Salah satu masjid di ibukota provinsi yang telah ditetapkan sebagai Masjid Nasional adalah  Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) yang berada di kota Surabaya ibukota provinsi Jawa Timur.  MAS diresmikan sebagai Masjid Nasional  pada tanggal 8 Februari 2002 oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, MA.  

Baca juga : Melihat Keindahan Masjid Agung Tuban
  

MAS berlokasi di Jalan Masjid Al-Akbar Timur Nomor 1 Pagesangan, Surabaya, Jawa Timur. Posisi MAS ini berada persis di samping Jalan Tol Surabaya-Gempol, bila dari arah Surabaya posisi masjid berada di samping kiri jalan tol.  Setiap pengendara yang melintasi jalan tol Surabaya-Gempol baik dari arah Surabaya maupun dari arah Gempol Pasuruan pasti dapat melihat dengan jelas masjid ini.  Ciri yang mudah dilihat adalah bangunan sangat besar dengan kubah yang tinggi besar dan menara yang menjulang tinggi.  


Aksesnya sangat mudah terutama bagi pengendara yang dari arah Surabaya, cukup exit tol pagesangan langsung sampai di kawasan Masjid. Bagi pengendara dari arah Gempol,  exit tol waru  berbelok kiri melalui Jalan Taman Indah atau melalui Jalan Ahmad Yani belok kiri via Jalan Menanggal VI.

Sesuai prasasti yang tertempel di dinding dekat pintu masjid sebelah timur, pembangunan masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama pada tanggal 4 Agustus 1995 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, H. Try Sutrisno.  Selanjutnya pada tanggal 10 November 2000, Masjid ini telah digunakan dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid. 

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS)
Masjid Nasional Al Akbar Surabaya


Masjid MAS berdiri diatas lahan seluas lebih kurang 11,2 ha. Secara fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang MAS adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atap MAS terdiri dari 1 kubah besar yang didukung 4 kubah kecil berbentuk limasan serta 1 menara. Keunikan bentuk kubah MAS ini terletak pada bentuk kubah yang hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter. Untuk menutup kubah, dipergunakan sebuah produk yang juga digunakan di beberapa masjid raya seperti Masjid Raya Selangor di Syah Alam Malaysia. Ciri lain dari masjid ini adalah pintu masuk ke dalam ruangan masjid yang tinggi dan besar dan mihrabnya adalah mihrab terbesar di Indonesia. (simas.kemenag.go.id)

Baca juga : Masjid Brigjen Soegiyono Balai Kota Among Tani, Kota Batu
Lantai dasar, terdiri dari  3 ruangan yaitu Ruang Utama, Ruang Zaitun, dan Ruang Yasmin. Disamping sebagai tempat ibadah sholat rowatib, ketiga ruangan ini  sering digunakan untuk kegiatan prosesi akad nikah, tablig akbar, pengajian dan tasyakuran.  Lantai atas, juga terdiri dari 3 ruangan yakni As Shofa, Al Marwa dan Muzdalifah. Ruangan lantai atas sering digunakan untuk gedung pertemuan, resepsi pernikahan, seminar, wisuda, buka puasa bersama dan event sejenisnya. 

Ruang Utama MAS
Masjid Nasional Al Akbar Surabaya


Alhamdulillah, kami sekeluarga sering berkunjung dan sholat jamaah ke Masjid ini karena beberapa tahun yang lalu pernah ditempatkan kerja di Surabaya dan tempat tinggal yang tidak terlalu jauh dengan masjid MAS ini.  Masjid ini sudah menjadi ikon Jawa Timur  dan tak pernah sepi dari jamaah. Bukan sekedar jamaah sholat rowatib, masjid ini juga sering dikunjungi para jamaah wisata dari luar Surabaya untuk melihat lebih dekat kemegahan Masjid MAS ini. 

Saat ramadhan datang, masjid MAS ini semakin semarak dengan kegiatan ramadhan, diantaranya menyediakan buka puasa setiap hari selama bulan ramadhan. Ceramah ramadhan menjelang berbuka, ceramah tarawih, dan ceramah ba'da subuh.  Dan paling banyak dinantikan jamaah adalah kegiatan i’tikaf pada 10 hari terakhir ramadhan. Kami  pernah merasakan i’tikaf bersama keluaga di MAS ini dan jumlah jamaahnya membludak terutama pada malam-malam ganjil. Masjid yang begitu besar penuh oleh jamaah i’tikaf dan semuanya tercukupi kebutuhan makan sahurnya. 

 

Bagaimana dengan menara 99 meter?


Menara 99 Meter MAS
Menara 99 Meter  Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Menara 99 meter,  sesuai dengan 99 Asmaul Husna (nama-nama Allah yang baik).  Menara ini termasuk salah satu daya tarik  bagi para jamaah  untuk dapat melihat pemandangan kota Surabaya dari ketinggian.  Kami pernah menaikinya bersama keluarga sampai di view tower.  Kami harus membeli tiket terlebih dahulu dan mengantri untuk dapat memasuki menara karena ada batas maksimal pengunjung di view tower dan batas maksimal orang di dalam lift (8 orang).  Naik dan turun lift selalu didampingi petugas dari MAS, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama di dalam lift sampai di view tower  dan sebaliknya. Ada 2 tempat pemberhentian lift, pertama di tempat yang menghubungkan dengan jalan menuju lantai atas masjid MAS dan kedua di view tower.

Sampai di view tower,  para jamaah bisa menikmati pemandangan kota Surabaya dari ketinggian. Kita bisa berfoto ria atau berselfie ria, mengambil potret menara masjid, atau pemandangan kota  di sekeliling MAS.  Di view tower ada Kantin yang menyediakan makanan dan minuman ringan, sehingga para jamaah bisa puas melihat pemandangan sambil menikmati camilan.  

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Kubah MAS
Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Jam buka dan infaq menara :

-     Hari Senin-Sabtu       :     08.00-16.30 WIB.
-     Hari Ahad                   :     06.00-16.30 WIB.
-     Waktu Shalat             :     tutup sementara

Infaq masuk menara :
-     Rp. 7.500 (untuk dewasa)
-     Rp. 5.000 (anak-anak)

Bagi para jamaah yang sering berada di MAS dan belum pernah sampai di view tower atau para musafir yang kebetulan singgah di MAS, silakan untuk  menikmati pemandangan kota dari ketinggian view tower.  Belum lengkap rasanya ke MAS kalau belum menikmati view tower menara 99 meter.


Belum ada Komentar untuk "Menara 99 Meter, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel