Masjid Megah Nan Indah di Kabupaten Klaten Jawa Tengah



Masjid Raya Al Muttaqun, Wisata Candi Prambanan, Klaten


Masjid Megah Nan Indah di Kabupaten Klaten Jawa Tengah

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُه
Kebiasaan kami bila bepergian dan melihat masjid yang menarik di sepanjang jalan yang kami lewati selalu terbesit keingingan untuk mampir meski sekedar memfoto masjidnya. Terlebih bila pas masuk waktu sholat, tentunya kami lebih bersemangat lagi untuk singgah dan menunaikan sholat berjamaah di masjid. 

Tidak demikian ketika kami pulang liburan tanggal 2 Januari 2020 dari Yogyakarta ke Tuban melewati Klaten. Dua kali kami melihat masjid yang megah nan indah di pinggir jalan raya yang kami lewati di wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kami tidak mampir karena perjalanan masih jauh dan takut kemalaman di jalan, dan juga sebelumnya kami telah menjamak qoshor sholat dhuhur dan asar di masjid daerah Sleman, Yogyakarta.

Meskipun tidak mampir, kami sempat memfoto masjid  dari dalam kendaraan sambil melaju dan hasilnya lumayan (kacau). Setidaknya kami mendapatkan 2 foto masjid yang besar, megah dan indah di Kabupaten Klaten dengan terlihat jelas nama masjidnya. 


Yang pertama, masjid yang terletak di perbatasan Klaten dan Yogya yang berada persis di jalan raya depan kawasan wisata Candi Prambanan.  Masjid Raya Al Muttaqun, masjidnya terlihat besar, megah dan indah dengan warna dasar putih berpadu dengan warna krem, kuning dan hijau. 

Tampak dari luar, masjidnya terlihat seperti berlantai tiga.  Kubahnya berbentuk limas segi empat berwarna hijau dengan puncaknya bertuliskan lafal warna kuning emas. Mengapit kiri kanan di bagian depan masjid, kubah kembar berbentuk kerucut berwarna hijau. Satu menara tinggi berwarna putih turut menghiasi kemegahan dan keindahan masjid.

Masjid Raya Al Muttaqun beralamat di Jalan Raya Solo - Yogyakarta Km. 16, Desa Dukuh Ngangruk, Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Masjid ini sebenarnya telah berdiri sejak tahun 1917, namun bangunan aslinya hancur akibat gempa yang melanda sebagian wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah pada tahun 2006.  Masjid kembali dibangun pada tahun 2007 dengan konsep yang lebih besar dan megah. Pembangunan masjid selesai pada tahun 2009 dan diresmikan tanggal 13 Maret 2009. Luas bangunan masjid 1.500 m2 dan luas keseluruhan lokasi 3.023 m2 dengan daya tampung jamaah mencapai 2.000 orang.


Yang kedua, memasuki kota Klaten kami melihat masjid yang lebih besar, lebih megah dan lebih indah lagi dari yang pertama. Masjid Agung Al Aqsha Klaten, masjidnya terlihat sangat besar, begitu megah dan indah sekali dengan warna dasar coklat krem berpadu dengan warna coklat tua dan kuning emas.

Tampak dari luar, masjidnya berkubah utama sangat besar berbentuk setengah bulatan warna coklat tua dengan puncaknya belah ketupat membentuk lafal   warna yang sama. Kubah utama dikelilingi empat menara kembar warna kuning emas. Pada setiap sisi masjid terlihat bangunan yang diatasnya terdapat kubah berukuran lebih kecil dengan bentuk dan warna yang sama dengan kubah utama.

Masjid Agung Al-Aqsha Klaten berlokasi di Jalan Jogja – Solo, Peraksangkal, Jonggrangan, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.  Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 5.266 m2. Pembangunan masjid ini dimulai tahun 2012 sampai tahun 2015 dengan dana dari APBD Klaten. Masjid ini diresmikan pada tanggal 24 November 2015 oleh Bupati Klaten, H. Sunarna, S.E, M.Hum. Masjid ini mempunyai tiga lantai yang dilengkapi dengan taman dan tempat parkir yang luas. Nantinya juga dilengkapi dengan menara gardu pandang setinggi sekitar 66.66 meter.  Masjid ini menjadi masjid terbesar dan termegah di Soloraya dan menjadi kebanggaan atau ikon utama warga Klaten.

Demikian sekilas masjid besar, megah dan indah di Klaten yang sempat kami lihat dalam perjalanan pulang dari Yogya ke Tuban. Sayang kami tidak dapat mampir sehingga tidak mengetahui keindahan bagian dalam masjid. Semoga lain waktu dapat singgah  di kedua masjid tersebut. 

Sumber bacaan :
https://duniamasjid.islamic-center.or.id/681/masjid-raya-al-muttaqun/
https://www.visitklaten.com/listings/masjid-al-aqsha-klaten/


Belum ada Komentar untuk "Masjid Megah Nan Indah di Kabupaten Klaten Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel