Masjid Cantik dengan Fasilitas PKL, Masjid Ahklakul Karimah, Magetan




Masjid Ahklakul Karimah, Sidorejo, Magetan


اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُه
Telaga Sarangan, di musim liburan sekolah ramainya luar biasa sehingga untuk sekedar memarkirkan kendaraan susahnya bukan main. Semua tempat parkir penuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Bila datang kesiangan, dapat dipastikan susah mendapatkan tempat parkir, harus rela menunggu ada kendaraan yang keluar terlebih dahulu. Begitu pula kendaraan yang sudah parkir duluan, ketika akan keluar harus sabar menunggu kendaraan yang menghalanginya minggir duluan. Jalanan penuh sesak dengan lalu lalang orang yang ingin menikmati segarnya Telaga Sarangan. Warung-warung makanan dan kios-kios ramai pengunjung yang ingin menikmati kuliner dan oleh-oleh khas Magetan. Begitulah suasana Telaga Sarangan ketika kami sampai di lokasi pada musim liburan sekolah tanggal 29 Juni 2017. 


Baca juga :  Masjid Dengan Ornament Cantik, Masjid Agung Baitussalam Magetan

Tidak jauh dari Telaga Sarangan terdapat satu destinasi wisata alam yang tak kalah indah dan sejuknya, Air Terjun Tirtosari.  Untuk mencapainya bisa menaiki ojek sampai tapal batas, selebihnya harus berjalan kaki yang lumayan jauh. Tidak terasa jauh karena sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan yang indah dan menyejukkan.  


Setelah puas menikmati Telaga Sarangan dan Air Terjun Tirtosari, kami kembali ke tempat penginapan di Magetan melalui Jalan Raya Sarangan. Kami mesti mencari Masjid untuk sholat karena ketika berada di daerah Telaga Sarangan belum sempat menunaikan sholat. Akhirnya ketemu masjid di sisi kanan jalan dari arah Sarangan, terlihat sudah banyak kendaraan yang berparkir di halaman masjid. Masjid Akhlakul Karimah namanya, yang berlokasi di Jalan Raya Sarangan No. 25, Desa Sidorejo, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Masjid cantik dengan area yang cukup luas dan lokasi yang strategis berada di Jalan utama menuju wisata terkenal Telaga Sarangan. Tidak heran bila banyak pengunjung yang mampir di masjid ini untuk menunaikan sholat.  Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 600 m2 dengan luas bangunan masjid 400 m2.  Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Komjen Pol. Drs. H. Suparni Parto S, MM dan diresmikan pada tanggal 21 Desember 2013.

Baca juga : Masjid Yang Dipercaya Pernah Menjadi Tempat Berkumpulnya Walisongo, Masjid Agung Demak



Apa yang menarik dari Masjid Akhlakul Karimah ini?

1.   Yang pertama, tentu saja lokasi yang strategis berada di jalur utama wisata terkenal Telaga Sarangan. Setiap pengendara yang akan menuju atau pulang dari Telaga Sarangan via Jalan Raya Sarangan dapat dengan mudah menemukan masjid ini. Disamping berlokasi di jalur utama, masjid ini berada di lingkungan yang segar alami dengan dikelilingi persawahan.

2.   Yang kedua, masjidnya cantik, menarik dan bersih. Tak heran masjid ini banyak dihampiri para pelancong khususnya yang beragama islam karena masjidnya terlihat cantik, menarik dan bersih. Kubahnya 3 dengan bentuk setengah bulatan berwarna kuning emas dengan ornament garis hitam. Menaranya 2 berwarna putih yang bagian puncaknya berbentuk limas segienam warna kuning emas. Bagian dalam kubah dihias kaligrafi yang indah dengan perpaduan warna dasar kuning, hijau dan merah hati. Tersedia tempat wudhu di pelataran masjid yang memudahkan para pengunjung untuk berwudhu atau sekedar cuci muka dan cuci tangan tanpa harus terlebih dulu ke tempat wudhu yang berada di masjid.


3.  Yang ketiga, halaman masjid yang luas dengan paving block yang memudahkan para jamaah memakirkan kendaraannya.

4.   Yang keempat, tersedia PKL di dalam area masjid. Inilah yang paling menarik karena sangat jarang masjid yang di dalam areanya menyediakan tempat bagi PKL, kalaupun ada PKL lokasiya di luar area masjid. Sepanjang pagar masjid di bagian belakang, dibangun tempat terbuka yang beratap galvalum untuk para padagang PKL. Terpasang spanduk papan nama PKL dengan berbagai jualannya seperti Pentol Barokah, Bakso Moroseneng, dan sebagainya.  Disamping makanan, terdapat juga PKL yang menjual minuman seperti susu sapi murni, es degan, es teh, es jeruk dan sebagainya. Diantara PKL terdapat beberapa pedagang dengan rombong yang terpasang di atas sepeda motor, ada juga yang meletakkan dagangannya di atas meja. Ketersediaan PKL di area masjid ini cukup membantu para jamaah yang pada umumnya para musafir yang membutuhkan makanan dan minuman, seperti kami yang ketika itu membeli minuman untuk menghilangkan dahaga.

Baca juga : Masjid Ala Benteng Kremlin Rusia, Masjid An-Nurumi, Yogyakarta


Demikian sekilas masjid Akhlakul Karimah, Sidorejo Magetan yang pernah kami singgahi ketika bepergian ke wisata Telaga Sarangan. 


Belum ada Komentar untuk "Masjid Cantik dengan Fasilitas PKL, Masjid Ahklakul Karimah, Magetan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel