Masjid Agung Bernuansa Hijau, Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi



Masjid  Agung Baiturrahman, Banyuwangi

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Banyuwangi, salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang berlokasi di ujung timur Pulau Jawa. Banyuwangi termasuk salah satu kota wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Wisata yang paling terkenal dan telah mendunia adalah Kawasan Gunung Ijen dengan Kawah Ijen dan Blue Fire-nya.

Baca juga : Masjid Putih Bersih, Masjid Agung Brigjen Soegiyono, Kota Batu 

Liburan kenaikan sekolah tahun 2018, kami sekeluarga berlibur  ke Banyuwangi  untuk melihat lebih dekat  kawasaan gunung ijen dan kawasan wisata lainnya. Pada tanggal 19 Juni 2018, kami berangkat dari  Tuban menuju  Banyuwangi dengan moda transportasi Kereta Api melalui  Stasiun Gubeng, Surabaya.  Berangkat dari Stasiun Gubeng jam 22.00 dengan Kereta Api Mutiara Timur dan tiba di Stasiun Karangasem, Banyuwangi esok harinya jam 04.00. Pas masuk waktu subuh, sehingga kami bisa sekalian sholat subuh di musholla sekitar stasiun.

Baru pertama kali ke Banyuwangi dan masih terlalu pagi untuk langsung ke hotel, kami menyewa mobil dengan pengemudinya untuk mengantar ke tempat-tempat wisata terdekat sampai waktu check in hotel.  Siang hari jam 13.00 kami sudah berada di hotel dan sore harinya jalan-jalan ke Taman Sritanjung, alun-alun Banyuwangi sampai waktu maghrib.  Sama dengan kota-kota lain khususnya di Pulau Jawa,  ada masjid agung di pusat alun-alun kota Banyuwangi. 

Masjid Baiturrahman, begitu nama Masjid Agung Banyuwangi ini yang berlokasi di Jalan Jend. Sudirman Nomor 137, Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.  Alhamdulillah, bisa menikmati sholat maghrib berjamaah  di masjid agung dengan cukup menyeberang jalan dari alun-alun Taman Sritanjung.


Masjidnya bernuansa hijau, warna  yang  terlihat adem  di pandangan mata. Kubah besarnya berjumlah tiga dengan bentuk, warna dan ukuran yang hampir sama.  Bentuknya setengah oval telur dengan warna hijau kebiruan.  Satu di tengah sedikit lebih besar dari dua kubah yang mengapit kiri kanan.  Terlihat kubah-kubah kecil yang terpasang di diatas setiap tiang pancang penyangga masjid dengan bentuk dan warna yang  serupa kubah besar. 

Menara Masjid Agung Baiturrahman, Banyuwangi

Menara masjid berada di depan sebelah selatan masjid berbentuk bulat meninggi ke atas dengan warna dasar putih. Pada bagian atas menara terlihat ‘payung besar terbalik’ yang seolah menaungi menara.  Depan masjid bagian tengah terdapat  tangga berundak yang digunakan sebagai jalur menuju lantai atas masjid.

Di depan masjid berjejer pohon-pohon palem berdaun hijau yang menambah kesan adem setiap mata yang memandang.  Depan deretan pohon palem, terlihat pagar besi BRC yang membatasi kawasan masjid dengan jalan raya.  Antara pagar dan deretan pohon terdapat space yang dipakai sebagai tempat parkir kendaraan bermotor roda empat. 

Masjidnya besar sehingga ruangan dalam masjid juga tampak luas. Dinding bagian dalam masjid berwarna putih. Lantai masjid bermarmer hitam dengan garis batas shof kotak - kotak belah ketupat putih yang berderet membentuk garis lurus ke arah samping dan depan. Tiga shof terdepan, lantai masjid berbalut karpet hijau bergaris shof putih.  Dinding depan sebelah kanan, tengah  dan kiri di atas imamah terpasang dinding kaca dengan kaligrafi tulisan arab dalam ukuran sangat besar  berwarna kuning emas.  Bagian tengah bertuliskan  (Allahu Akbar),  kanan dan kiri bertuliskan (Allah) dan (Muhammad saw).
Ruang Utama Sholat Masjid Agung Baiturrahman, Banyuwangi

Seperti tampak dari luar  bangunan masjid yang bertingkat, ruangan dalam masjid juga bertingkat.  Lantai atas ruang masjid berbentuk letter U yang memutar dari kiri, shof belakang dan kanan. Terlihat tiang-tiang penyangga di ruangan masjid yang menopang lantai atas berbentuk bulat dengan warna garis-garis memutar berselingan hitam dan putih.  

Untuk pulang pergi dari tempat penginapan ke masjid agung di alun-alun kota, kami mesti  pesan kendaraan terlebih dulu via aplikasi online.    Begini repotnya kalau traveling bareng keluarga tidak membawa kendaraan sendiri, kemana-mana harus  pesan mobil melalui aplikasi online terlebih dulu.   Bagaimana dengan rental mobil?  Pas musim liburan di Banyuwangi, rental mobil  pada umumnya harus satu paket dengan drivernya.  Dengan begitu sama saja antara rental mobil dan angkutan online, tidak bisa leluasa dibandingkan bila mengemudikannya sendiri.


Belum ada Komentar untuk "Masjid Agung Bernuansa Hijau, Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel