Sikap Orang Beriman Dalam Menghadapi Ujian Wabah Virus Corona



 

Sikap Orang Beriman Dalam Menghadapi Ujian Ketakutan Virus Corona

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُه
Jum'atan di Masjid Raudlotus Salamah tanggal 6 Maret 2020 yang berlokasi di Jalan Kapten Dulasim, Jegong, Singosari, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.  Sesuai prasasti yang terpasang di depan masjid, semula masjid ini adalah sebuah musholla yang berdiri pada tanggal 06 Mei 2000.  Per tanggal 03 September 2004 berubah menjadi Masjid yang diresmikan oleh Lurah Singosari dan telah direnovasi per tanggal 05 April 2017.


Khatib menyampaikan tema khutbah terkait dengan permasalahan yang sedang merebak saat ini, Coronavirus Disease 2019 (Covid 19). Bagaimana sikap orang beriman menghadapi cobaan ketakutan terhadap Virus Corona.  

Kaum muslimin jamaah rohimakumullah, semua kita yang hidup di dunia pasti akan mendapat cobaan, ujian dari Allah SWT tanpa kecuali, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat (155-156) :


وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "Innalillahi wa inna ilaihi raaji'un" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali) 


Ujian ketakutan yang melanda dunia saat ini termasuk Indonesia adalah musibah virus corona. Apa yang harus kita lakukan sebagai orang beriman menghadapi musibah ketakutan virus corona ini?. 

Sebagai orang beriman, kita harus menghadapinya secara lahiriah dan batiniah.  Secara lahiriah, kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita dengan menjaga kebersihan anggota badan terutama  dengan selalu membiasakan cuci tangan, pola makan sehat, dan olahraga teratur. 


Sedangkan secara batiniah, yang perlu dan  harus kita lakukan diantaranya :

1.   Memperbanyak Sholawat kepada Rasulullah saw

Diantara keutamaan bersholawat kepada Rasulullah saw adalah :

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطَيَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ
Barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali, maka Allah bersholawat kepadanya 10 kali shalawat, dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan baginya 10 derajat.” (HR. an-Nasa’i)
كُلُّ دُعَاءٍ يُدْعَى اللَّهُ عَزَّ وَ جَلَّ بِهِ مَحْجُوبٌ عَنِ السَّمَاءِ حَتَّى يُصَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ
Semua doa itu terhalang, sampai dibacakan sholawat untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Dengan memperbanyak sholawat kepada baginda Muhammad Rasulullah, doa kita kepada Allah tidak terhalang sehingga kita memohon kepada Allah untuk dijauhkan dari bala, bencana dan musibah. 

2.   Memperbanyak istigfar

Istigfar adalah memohon ampun kepada Allah atas segala dosa, kekhilafan, dan kesalahan yang pernah kita lakukan salah satunya dengan ucapan أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ (Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya).

Diantara kekuatan Istigfar adalah dapat menolak bala sehingga dengan memperbanyak istigfar, mohon ampun kepada Allah, dapat terhindar dari bala, bencana, musibah sebagaimana firman Allah : 

وَمَا كَانَ اللّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ
“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengadzab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun”. ( QS Al Anfal : 33 )

3.   Memperbanyak sedekah (shodaqoh)  

Banyak sekali keutamaan bersedekah diantaranya Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah menjadi 700 kali sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat (261) :

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.“
 
Disamping itu, sedekah juga dapat menolak bala (bencana) sebagaimana hadist riwayat Thabrani:

“Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).”

4.   Berwudhu

Selalu memperbarui wudhu setiap akan melaksanakan sholat baik sholat wajib lima waktu maupun sholat-sholat sunnah. Dengan berwudhu dapat menggugurkan dosa-dosa setiap anggota tubuh yang dibasuh dengan air wudhu. Dengan sering berwudhu dapat menjaga kebersihan anggota tubuh terutama tangan sehingga tangan kita bisa terhindar dari kuman-kuman.

5.   Berdoa

Doa adalah senjata orang mukmin sebagaimana hadist riwayat Al Hakim :

"Doa adalah senjatanya orang beriman, tiangnya agama dan cahayanya langit dan bumi ".

Allah akan mengabulkan permohonan doa orang yang beriman sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat (186) :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka, hendaknya mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.“

Maasyiral muslimin rahimakumullah, marilah kita memperbanyak doa dalam setiap sholat wajib kita dengan qunut nazilah memohon perlindungan kepada Allah dari bencana dan musibah yang sedang menimpa kita dan semoga Allah segera mengangkat musibah ini dari negeri kita.   

Aamiin ...






Belum ada Komentar untuk "Sikap Orang Beriman Dalam Menghadapi Ujian Wabah Virus Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel