Masjid Bermenara dan Berkubah Emas, Kawasan Gedung Jamiatul Mudzakirin YRA, Mungkid Magelang




Gedung Jamiatul Mudzakirin YRA, Mungkig Magelang


Gedung Jamiatul Mudzakirin YRA, Bangunan  Menyerupai Masjid Bermenara dan Berkubah Kuning Emas di Mungkid Magelang  

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُه
Ketika melintasi Jalan Soekarno Hatta di Kota Mungkid, Ibukota Kabupaten Magelang menjelang akhir tahun tanggal 30 Desember 2019, kami melihat ‘masjid’ dengan    desain dan warna yang artistic banget. Melihat ‘masjid’ dengan desain dan warna yang indah, membuat kami kepengin mampir dan bila mungkin sholat di dalamnya yang kebetulan waktu itu menjelang maghrib. 

Setiba di tempat tersebut, kami siap memasuki halaman parkirnya dan ternyata pintu pagarnya tertutup. Kami melihat dari luar pagar ‘masjidnya’ kosong dan gelap, tidak terlihat tanda-tanda akan dilaksanakan sholat maghrib sebagaimana umumnya masjid yang menjelang magrib sudah ramai jamaahnya, terlebih musim liburan di kota wisata yang lokasinya di pinggir jalan raya besar. Tidak dapat memastikan apakah bangunan itu memang masjid atau sekedar bangunan yang menyerupai masjid. 


Pada akhirnya, kami hanya berhenti di pinggir jalan untuk sekedar memfoto ‘masjid’ tersebut dari dalam kendaraan dengan kamera handphone. Bangunan yang menyerupai masjid itu berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Carikan, Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten  Magelang. Bangunannya benar-benar menyerupai ‘masjid’ yang cantik dan indah dengan perpaduan warna yang mencolok didominasi warna kuning emas. Bangunannya menyerupai masjid yang berarsitek jawa kuno berundak tiga. Bedanya kalau masjid jawa kuno atapnya yang berundak tiga dan tidak berkubah, kalau yang satu ini bangunannya yang berundak tiga dan puncaknya berkubah.  

Masjid Menara dan Kubah Emas, Gedung Jamiatul Mudzakirin YRA, Mungkid Magelang


Dari kejauhan, terlihat bangunan terdiri dari dua lantai dengan bentuk sama dan sebangun, bedanya lantai bawah lebih besar dan luas daripada lantai atas.  Bangunan terlihat setengah terbuka yang bagian terasnya berpagar keliling warna kuning emas. Pada bagian atasnya terdapat kubah seperti kubah masjid berbentuk bawang warna kuning emas dengan puncaknya lancip tanpa ornament bulan sabit atau tulisan arab Allah. Pada setiap sudut yang mengelilingi kubah terdapat ‘menara’ setinggi kubah yang pucaknya juga menyerupai kubah masjid. Pada setiap sudut bangunan juga terdapat ‘menara’ yang sama persis dengan ’menara’ yang mengelilingi kubah.  Sehingga secara keseluruhan terdapat ‘8 menara’ yang mengelilingi kubah dengan warna serupa, kuning emas.  Sedikit membedakan, setiap sisi ‘menara’ terdapat garis (list) warna coklat. Secara keseluruhan bangunan didominasi warna kuning emas dengan sedikit warna hijau muda pada tiang-tiang lantai bawah, hijau tua pada list atap lantai atas dan warna coklat kehitaman pada atapnya.

Yang tak kalah menarik adalah pagar keliling bangunan yang terbuat dari tembok setinggi lebih kurang 1 meter.  Setiap lebih kurang 2 atau 3 meter pagar tembok terdapat hiasan berupa replika kubah masjid warna kuning emas dan sebagian warna hijau.
Masjid Menara dan Kubah Emas, Gedung Jamiatul Mudzakirin YRA, Mungkid Magelang

Sepintas bangunan tersebut adalah masjid dan kami yakin semua orang terutama wisatawan dari luar Magelang yang melintas di jalan raya tersebut pasti mengira bahwa bangunan itu adalah masjid.  Karena penasaran dan kepengin tahu apa nama masjidnya, kami mencari literasi di mbah google dengan kata kunci ‘Masjid Kuning Emas di Mungkid, Magelang’. Ternyata yang muncul di halaman pertama paling utama bukan nama masjid, tetapi rute Gedung Jamiatul Mudzakirin YRA.  Ketika kami klik, keluar alamat lokasi Jalan Soekarno Hatta, Carikan, Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah  dan foto-foto bangunan Jamiatul Mudzakirin YRA. Dan ternyata memang benar bahwa bangunan itu termasuk salah satu bangunan dalam kawasan Jamiatul Mudzakirin YRA. 

Entah masjid atau musholla atau gedung utama Jamiatul Mudzakirin YRA, yang jelas bangunan tersebut tampak seperti masjid yang berlokasi di pinggir jalan raya terlihat sangat mencolok dengan menara dan kubah kuning emas.

Wallahu a’lam.

Belum ada Komentar untuk "Masjid Bermenara dan Berkubah Emas, Kawasan Gedung Jamiatul Mudzakirin YRA, Mungkid Magelang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel