Masjid Merah di Tengah Sawah, Taman Dayu Pandaan, Pasuruan


Masjid Merah, Taman Dayu Pandaan, Pasuruan

Masjid Merah di Taman Dayu, Pandaan Pasuruan

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُه
Lebih dari dua tahun yang lalu, tepatnya hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017 kami jalan-jalan ke Taman Dayu, Jalan Surabaya - Malang Km. 48, Pandaan,  Kabupaten Pasuruan. Jalan utama masuk dan keluar ke Taman Dayu satu arah, lebar dan sangat teduh dengan pinggir kiri dan kanan jalan ditumbuhi pohon-pohon nan rindang. Disamping hunian dan padang golf, di Taman Dayu juga terdapat wisata  Waterpark dan Rumah Pohon.

Niat awalnya ingin wisata ke rumah pohon dengan mencari lokasinya melalui google map (GPS). Setelah menyusuri jalanan di Taman Dayu sesuai petunjuk GPS dan tiba di lokasi sesuai petunjuk, ternyata tidak terlihat rumah pohon seperti yang kami bayangkan sebelumnya. Entah handphone yang bermasalah atau GPS-nya yang salah, kami tidak meneruskan pencarian rumah pohon karena keburu siang dan ingin segera kembali pulang.

  
Dalam perjalanan pulang, kami kembali menyusuri jalanan di Taman Dayu yang adem. Tanpa sengaja, kami melihat bangunan masjid warna merah di tengah persawahan di luar lingkungan Taman Dayu.  Sangat mencolok, disamping warnanya yang  merah menyala, berada di tengah hamparan sawah yang hijau, juga tidak terlihat bangunan lain atau pemukiman penduduk di sekitar masjid itu. Karena penasaran, kami berhenti sejenak dan turun dari kendaraan untuk mengambil foto masjid dari kejauhan.

Masjid Merah, Taman Dayu Pandaan, Pasuruan
Dari kejauhan, terlihat semua bangunan masjid berwarna merah mulai dari dinding luar masjid sampai kubah masjid. Hanya ada sedikit warna putih pada list dinding bagian atas masjid, list jendela-jendela kubah dan aksen garis putih pada list pintu-pintu dan jendela-jendela masjid. Sekeliling masjid berupa hamparan sawah hijau dan sedikit pepohonan hijau. Pemandangan kontras yang begitu indah, masjid warna merah menyala dengan latar belakang langit biru berawan putih didasari hamparan sawah hijau.

Lalu apa nama masjidnya?

Hanya melihat dari kejauhan dan tidak mampir, kami tidak mengetahui apa nama dan dimana masjid merah itu. Googling mencari tahu di mbah google dengan kata kunci ‘masjid merah Taman Dayu’ dan ternyata Masjid Moekhlas Sidik namanya yang berlokasi di Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

 Masjid Merah, Taman Dayu Pandaan, Pasuruan

Tidak banyak informasi yang didapat dari Masjid Moekhlas Sidik ini kecuali sedikit informasi dari peresmian Masjid Moekhlas Sidik yang diunggah melalui youtube oleh Royal Senyiur tanggal 19 September 2019 (https://www.youtube.com/watch?v=POI1qDXRqQE).  Masjid Moekhlas Sidik diresmikan hari Kamis, tanggal 19 September 2019 bertepatan dengan 19 Muharram 1441 H oleh H. Moekhlas Sidik. Sesuatu yang jarang terjadi, nama masjid dan nama yang meresmikan sama, tanggal kalender Masehi dan kalender Hijriah juga sama. 

Masjid Merah, Taman Dayu Pandaan, Pasuruan

Masjid ini terhitung baru, karena diresmikan 2 bulan yang lalu, padahal foto masjid yang kami ambil sudah lebih dari 2 tahun yang lalu. Ternyata masjid merah yang kami foto dari kejauhan belum selesai pembagunannya, padahal dari kejauhan sudah tampak sempurna. 

Semoga lain waktu bisa mampir dan sholat di Masjid Merah ini.   



Belum ada Komentar untuk "Masjid Merah di Tengah Sawah, Taman Dayu Pandaan, Pasuruan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel