Yang Tersisa Dari Pagelaran MTQ XXVIII Jawa Timur tahun 2019 di Tuban


Alun-alun kota Tuban, Masjid Agung Tuban

MTQ XXVIII Jawa Timur 2019 di Kabupaten Tuban


اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُه
Seminggu terakhir di bulan Oktober 2019, Kabupaten Tuban disibukkan  dengan pagelaran  Musabaqah Tilawatil Quran yang ke-28 (MTQ XXVIII) Jawa Timur tahun 2019.   Banner, spanduk, baliho dan logo MTQ XXVIII  memenuhi  jalan-jalan di sepanjang kota Tuban.  Pembukaan MTQ XXVIII ditandai dengan pawai ta’aruf para kafilah yang mewakili masing-masing Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur.  Pawai ta'aruf  mengelilingi jalan-jalan protokol di kota Tuban dibuka langsung oleh Bupati Tuban, Bapak H. Fathul Huda pada hari Sabtu pagi, tanggal 26 Oktober 2019.  

Baca juga : Tipologi Masjid di Indonesia


Hari Sabtu tanggal 2 November 2019 merupakan hari terakhir dan puncak dari pagelaran  MTQ XXVIII di Kabupaten Tuban yang dipusatkan di alun-alun kota Tuban.  Kabupaten Tuban meraih 2 kesuksesan, yang pertama sukses menyelenggarakan MTQ XXVIII, dan yang kedua Kafilah Tuban sukses menyabet juara umum. MTQ XXVIII  ditutup langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu H. Khofifah Indar Parawansa.  




MTQ Jawa Timur diselenggarakan setiap dua tahun sekali, 2 MTQ sebelumnya tahun 2017 dilaksanakan di Kabupaten Pasuruan  (MTQ XXVII) dan tahun 2015 diadakan di Kabupaten Banyuwangi (MTQ XXVI). Di dua edisi MTQ sebelumnya tersebut, Kabupaten Tuban meraih peringkat 26 pada MTQ XXVI di Kabupaten Banyuwangi dan peringkat 16 pada MTQ XXVII di Kabupaten Pasuruan. Suatu lonjakan prestasi yang luar biasa bagi kafilah Kabupaten Tuban.
MTQ XXVIII Tuban
MTQ XXVIII Jawa Timur 2019 di Kabupaten Tuban  tidak hanya melombakan tilawatil Al-Quran. MTQ XXVIII melombakan 7 cabang dan setiap cabang terdiri dari bermacam-macam kategori atau golongan.  Berikut 7 cabang yang dilombakan :
1.   Cabang Tilawatil Al-Quran (qiroat)
2.   Cabang Hifzh Quran (hafalan)
3.   Tafsir Al-Quran (tafsir)
4.  Fahmil Quran (lomba pemahaman atau pendalaman Al- Qur’an dalam bentuk cerdas cermat)
5.  Syarhil Quran (mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi/terjemah dan uraian yang menunjukan kesatuan yang serasi).
6.  Khath Al-Quran (kaligrafi)
7.  Musabaqah Makalah Quran (Makalah/karya Ilmiah kandungan Al Quran : salah satu cabang musabaqah yang bertujuan membudayakan menulis buah pikiran kandungan Al-Quran dalam bentuk karya ilmiah) 
Dari 7 cabang dengan berbagai golongan yang dilombakan pada MTQ XXVIII Provinsi Jawa Timur 2019, the winner is :
1.   Kabupaten Tuban
2.   Kabupaten Sidoarjo
3.   Kabupaten Lamongan
Daftar pemenang MTQ XXVIII tertuang dalam Keputusan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an Provinsi Jawa Timur ke XXVIII Tahun 2019 di Kabupaten Tuban Nomor : 01/DH/KEP/XI/2019 tanggal 2 November 2019 (www.musabaqah.id)
MTQ XXVIII

Meski demikian  semarak, kami tidak dapat melihat secara langsung MTQ XXVIII dan lebih banyak mengetahui dari berita di media sosial. Kami hanya bisa menyaksikan sisa-sisa pagelaran MTQ XXVIII setelah pada hari Minggu tanggal 3 November 2019, pukul 05.30 jalan-jalan pagi menyusuri alun-alun Tuban bersama isteri tercinta (so sweet  he..he...). 

Dari sini kami dapat melihat panggung besar di tengah alun-alun yang sedang dibongkar. Terlihat truk-truk yang siap mengangkut bagian-bagian panggung yang telah dilepas. Masih tersisa 1 panggung dengan banner besar di atas bertuliskan MTQ XXVIII, Provinsi Jawa Timur 2019 di Kabupaten Tuban dan Logo MTQ XXVIII pas ditengah banner.
Begitu juga di serambi halaman Masjid Agung Tuban, terlihat bekas tenda yang digunakan sebagai panggung MTQ XXVIII dengan banner yang sama persis dengan bekas panggung di alun-alun. Pagelaran MTQ XXVIII Jawa Timur 2019 di Kabupaten Tuban berpusat di Masjid Agung Tuban.

Baca juga : Melihat Keindahan Masjid Agung Tuban
 


Selamat buat para kafilah Kabupaten Tuban, semoga dapat mempertahankan prestasi pada MTQ-MTQ selanjutnya, bisa berprestasi lebih  tinggi di MTQ tingkat Nasional dan yang lebih tinggi lagi di MTQ tingkat Internasional.  Semoga Tuban Bumi Wali semakin banyak melahirkan dan menghasilkan hafizh/hafizhah para penghafal Al-Qur'an.

Aamiin.....


Belum ada Komentar untuk "Yang Tersisa Dari Pagelaran MTQ XXVIII Jawa Timur tahun 2019 di Tuban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel